Sabtu, 12 Februari 2011

Doa Pengampunan

Doa Pengampunan



Pengampunan


Matius 6:14-15 Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.



Matius 18:23-35 Sebab hal Kerajaan Sorga seumpama seorang raja yang hendak mengadakan perhitungan dengan hamba-hambanya. Setelah ia mulai mengadakan perhitungan itu, dihadapkanlah kepadanya seorang yang berhutang sepuluh ribu talenta. Tetapi karena orang itu tidak mampu melunaskan hutangnya, raja itu memerintahkan supaya ia dijual beserta anak isterinya dan segala miliknya untuk pembayar hutangnya. Maka sujudlah hamba itu menyembah dia, katanya: Sabarlah dahulu, segala hutangku akan kulunaskan. Lalu tergeraklah hati raja itu oleh belas kasihan akan hamba itu, sehingga ia membebaskannya dan menghapuskan hutangnya.

Mengampuni
Tetapi ketika hamba itu keluar, ia bertemu dengan seorang hamba lain yang berhutang seratus dinar kepadanya. Ia menangkap dan mencekik kawannya itu, katanya: Bayar hutangmu! Maka sujudlah kawannya itu dan memohon kepadanya: Sabarlah dahulu, hutangku itu akan kulunaskan. Tetapi ia menolak dan menyerahkan kawannya itu ke dalam penjara sampai dilunaskannya hutangnya.

Melihat itu kawan-kawannya yang lain sangat sedih lalu menyampaikan segala yang terjadi kepada tuan mereka. Raja itu menyuruh memanggil orang itu dan berkata kepadanya: Hai hamba yang jahat, seluruh hutangmu telah kuhapuskan karena engkau memohonkannya kepadaku. Bukankah engkaupun harus mengasihani kawanmu seperti aku telah mengasihani engkau? Maka marahlah tuannya itu dan menyerahkannya kepada algojo-algojo, sampai ia melunaskan seluruh hutangnya.

Mengampuni
Maka Bapa-Ku yang di sorga akan berbuat demikian juga terhadap kamu, apabila kamu masing-masing tidak mengampuni saudaramu dengan segenap hatimu.”

Mengampuni orang lain yang bersalah kepada kita adalah syarat mutlak agar kita juga diampuni oleh Bapa kita yang di surga. Oleh sebab itu, kita perlu mengampuni semua orang yang pernah bersalah kepadakita, menyakiti kita, mengkhianati kita, dst.

Kadang, mengampuni sangat sulit untuk dilakukan. Tetapi lakukanlah saja, jangan mengikuti kata hati, tetapi putuskanlah untuk memberikan pengampunan.


Doa Mengampuni

Yahwe Bapaku yang di surga., kami bersyukur atas kemurahan-Mu, yang telah merelakan Putera-Mu yang tunggal untuk Engkau kurbankan demi membayar dosa-dosaku. Saat ini, aku mohon kekuatan dan rahmat-Mu, agar aku bisa mengampuni orang-orang yang pernah bersalah kepadaku.

Saat ini Tuhan, dengan pertolongan Roh Kudus-Mu, aku memutuskan untuk mengampuni: (sebutkan satu per satu) aku mengampuni ayahku, ibuku, kakak-kakakku, adik-adiku, saudara-saudaraku, teman-temanku, istriku, suamiku, anak-anakku (sebutkan namanya, dst).

Terima kasih Tuhan atas karunia-Mu, sehingga aku bisa mengampuni mereka semua. Terima kasih karena Engkau juga telah mengampuniku.

Dalam nama Yesus aku berdoa dan mengucap syukur. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar